Tuesday 7 April 2015

Resep Nasi Uduk Kumplit Spesial yang Nikmat ala Mama

Sarapan atau makan pagi adalah hal penting ketika kita akan melakukan tugas atau bekerja seperti biasanya. Sarapan memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh selain agar perut tidak kelaperan, sarapan juga bisa membuat tubuh kita lebih bertenaga dan tidak mengantuk. Banyak sekali makanan yang bisa dimakan untuk sarapan dan salah satunya adalah nasi uduk. Nasi uduk merupakan nasi yang diberi bumbu dan dilengkapi dengan banyak sekali lauk sehingga rasanya sangat enak dan pastinya akan kan lebih nikmat jika ditambahkan Sambal Terasi mmm... Di pagi hari banyak sekali orang yang berjualan nasi uduk di pinggir jalan.


Mungkin banyak diantara kalian yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, namun kalian tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Sekarang kalian bisa mendapatkan berbagai informasi melalui internet, termasuk Resep Nasi Uduk. Kali ini kami akan memberikan Resep Nasi Uduk kumplit yang enak dan lezat.

Mungkin langsung saja untuk kalian yang ingin belajar membuat nasi uduk sendiri dirumah dan merasakan rasanya, kami akan memberikan bagaimana cara membuat nasi uduk kumplit. Kalian simak dengan baik dan lakukan langkah-langkahnya dengan benar, supaya hasil yang nantinya akan kalian dapatkan bisa maksimal dan membuat perut kalian kenyang.

Resep Nasi Uduk:

Bahan Nasi:
  • 300 gram beras (rice)
  • 450 ml santan (coconut milk) dari 1 butir kelapa (coconut)
  • 1 1/2 sendok teh garam (salt)
  • 2 lembar daun salam (bay leaf)
  • 2 butir cengkeh (clover)
  • 1 batang serai ambil putihnya, memarkan (lemongrass)
  • 2 lembar daun pandan (pandan leaves)
  • 2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan (onion)
Bahan Sambal Kacang:
Bahan Bihun Goreng:
Bumbu Halus:
Bahan Kering Tempe:

Cara Membuat Nasi uduk:
  1. Nasi : didihkan santan, garam, daun salam, cengkeh, serai, dan daun pandan. Tambahkan beras. Aduk sampai meresap.
  2. Kukus beras 30 menit sampai matang.
  3. Sambal kacang: haluskan sambal kacang kecuali air panas dan cuka. Angkat. Masukkan air panas dan cuka. Aduk rata.
  4. Bihun goreng: lumuri bihun dengan kecap manis. Sisihkan.
  5. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Masukkan bihun dan garam. Masak sampai matang.
  6. Kering tempe: tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, daun salam, dan Lengkuas sampai harum. Masukkan air asam, gula merah, dan garam. Aduk sampai kental.
  7. Tambahkan tempe dan kecap manis. Masak sampai matang.
  8. Sajikan nasi uduk dengan sambal kacang, bihun goreng, kering tempe, dan tabur bawang merah goreng.
Nasi uduk kumplit enak dan lezat yang kalian buat sudah bisa dinikmati bersama dengan keluarga dirumah dan disajikan pada pagi hari. Tips untuk kalian yang tidak memiliki waktu cukup lama membuatnya kalian bisa mengurangi bahan tambahan yang ada di resep. Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? kami yakin kalian bisa membuatnya dengan mudah dan mendapatkan hasil yang sempurna, asalkan kalian mengikuti langkah yang kami berikan dengan benar.

No comments:

Post a Comment